Tol Malang Pandaan ke Surabaya dari Malang hanya 1 Jam

Ruas bagian I-III Tol Pandaan-Malang (Mapan) 30 km dianggap siap beroperasi. Rencana ini, besok Kami (tim penilai sertifikasi akan mengevaluasi kemungkinan operasi. Hasil penilaian akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo yang kemudian akan meresmikan jalan tol.

Pekerjaan Umum dan Menteri Pekerjaan Umum (PUPR) Basuki Hadimuljono ketika meninjau jalan tol Mapan mengatakan, dengan operasi yang selesai dari bagian I ke III, itu berarti dua bagian lagi masih perlu dilakukan. Nama bagian IV dan V panjangnya 8 km.

Persiapan bagian IV dan V masih menunggu koordinasi dengan Badan Konservasi Warisan Budaya Jawa Timur (BPCB). Alasannya tak lain adalah penemuan situs kuno di Kampung Sekarpuro, Pakis.

“Untuk bagian Singosari ke Malang, ditemukan oleh situs kuno, saat ini ada pergeseran di jalur

Basuki menjelaskan, keberadaan ruas tol akan memangkas waktu tempuh dari Surabaya ke Malang dan sekitarnya. Konkretnya, perjalanan akan lebih pendek menjadi 1 jam dari sebelumnya. Jadi jalan tol Mapan akan menjadi bagian penting dari arus mobilisasi orang dan barang antara Surabaya dan Malang. Selain itu, Malang memiliki banyak tempat wisata.

“Sejauh ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang pada waktu-waktu puncak bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan jalan tol ini, waktu tempuh bisa kurang dari satu jam,” jelas Basuki.

Cari jasa Pesan Travel Malang Surabaya rekomendasi? klik disini

Kecelakaan mobil Subaru N 1453 CM mengalami kecelakaan tunggal yang menerobos hambatan beton di jalan raya yang masih bebas hingga Juni mendatang. Mobil hitam Subaru bermaksud untuk keluar dari pintu masuk ke Singosari, tetapi karena kelalaian pengemudi mobil yang dikenal sebagai Iwan Tessy (70), ia menabrak pembagi beton.

travel malang surabaya tol pandaan

“Korban menderita luka ringan, yang seharusnya mengambil jalur kiri daripada langsung ke Pakis,” tambah Agus. Kendaraan yang digerakkan kendaraan hancur di bagian depan. Dia selamat tetapi menderita luka ringan. Polisi Resor Satlantas Malang memutuskan untuk memanggil truk derek untuk mengosongkan mobil. “Diharapkan masyarakat akan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan memperhatikan batas kecepatan kendaraan saat melewati Jalan Raya Pandaan-Malang,” kata Agus. Bahkan, kecelakaan tunggal ini tercatat sebagai kecelakaan pertama terjadi di ruas Jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan) setelah dibuka secara resmi pada Senin (13/4).